TUGAS MEDIA : “Mari Belajar Akuntansi!”
TUGAS VISUAL : “The Diligent Song”
LATAR BELAKANG
Dewasa ini dunia pendidikan sedang berada di dalam sorotan masyarakat. Dari masa ke masa pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam penataan kehidupan masyarakat. Dimulai dari lingkup yang paling kecil, adalah keluarga yang memberikan pendidikan pertama bagi seorang individu. Dalam memberikan pendidikannya, keluarga memiliki cara unik tersendiri yang kemunginan besar berbeda dengan keluarga yang lain mengingat adanya perbedaan kharakteristik dari setiap individu masing-masing. Selanjutnya di lingkup yang jauh lebih besar, di sekolah misalnya, seorang individu akan mengalami masa pembelajaran yang meningkat tahapannya.
Dalam pendidikan sekolah, seorang guru yang nantinya akan menggantikan kewajiban orang tua dalam mendidik anak. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena seorang siswa yang satu dengan siswa yang lain memiliki perbedaan kharakter . Untuk menghadapi hal tersebut, seorang guru diharuskan memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi dalam upaya pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas.
Di masa yang semakin mengglobal ini, telah tersedia berbagai aplikasi untuk mendukung kreatifitasan pendidik dalam memberikan pembelajaran di kelas. Hal ini akan membantu baik pendidik maupun peserta didik untuk lebih mudah dalam pelaksanaan belajar-mengajar di kelas. Aplikasi yang ada dapat digunakan untuk membuat baik pembelajaran dalam bentuk media maupun visual. Menggunakan aplikasi yang ada, dalam kesempatan kali ini, kami mencoba untuk membuat media pembelajaran serta membuat produk visual pembelajaran, dengan harapan bahwa penggunaan aplikasi ini akan dapat membantu siwa-siswi kelas XI IPS dalam mendalami mata pelajaran akuntansi khususnya dalam pengenalan nama-nama akun.
SASARAN
PROJECT KOMIK
Di tujukan untuk SMA Kelas XI IPS
Diharapkan dengan adanya pembelajaran melalui media komik, siswa-siswi kelas XI IPS akan lebih bersemangat dalam memelajari nama-nama akun , dengan asumsi bahwa komik dapat membantu siswa-siswi untuk memiliki mindset bahwa belajar dapat dilakukan dengan proses yang lebih menyenangkan
Diharapkan dengan adanya pembelajaran melalui media komik, siswa-siswi kelas XI IPS akan lebih mudah dalam memahami nama-nama akun dengan baik dan benar.
PROJECT LAGU
Ditujukan untuk SMA Kelas XI IPS
Diharapkan dengan adanya lagu yang berisi akun-akun ini, siswa-siswi kelas XI IPS akan dapat memelajari nama-nama akun ini tanpa sengaja dan diluar kesadaran, karena lagu yang diberikan merupakan lagu yang tidak asing bagi telinga siswa-siswi kelas XI IPS
Diharapkan dengan adanya lagu yang berisi tentang nama-nama akun , siswa-siswi kelas XI IPS akan lebih mudah dalam menghafal dan menyebutkan nama-nama akun
SOFTWARE DAN HARDWARE
SOFTWARE
MEDIA :Bitstrips Aplication
VISUAL : Nuendo Aplication
HARDWARE
MEDIA : Laptop dan Modem
VISUAL : Laptop dan Modem
BIAYA
MEDIA
Percetakan : Rp 19.000,00
Print out laporan : Rp 5.000,00
Map plastik : Rp 1.500,00
VISUAL
Pembelian CD-R : Rp 4.000,00
TOTAL BIAYA : Rp 29.500,00
DESKRIPSI
MEDIA
Deskripsi Kharakter Komik :
Ibu Laras : Seorang Guru Akuntansi di suatu sekolah SMA
Fani : Seorang siswa kelas XI IPS di suatu sekolah SMA
Okta : Seorang siswa kelas XI IPS di suatu sekolah SMA
Yeti : Seorang siswa kelas XI IPS di suatu sekolah SMA
Sofi : Seorang siswa kelas XI IPS di suatu sekolah SMA
Nita : Seorang siswa kelas XI IPS di suatu sekolah SMA
Dewi : Seorang siswa kelas XI IPS di suatu sekolah SMA
VISUAL
Deskripsi lagu :
Lagu yang dipilih sebagai lagu acuan oleh kelompok kami adalah lagu Bruno Mars dengan judul “The Lazy Song”. Alasan mengapa kelompok kami memilih lagu ini adalah karena lagu ini merupakan salah satu lagu yang telah dikenal maupun digemari oleh muda-mudi masa kini khusunya oleh siswa-siswi SMA. Ekspektasi kami adalah bahwa lagu tersebut dapat membantu siswa-siswi kelas XI SMA untuk lebih mudah dalam memahami dan menyebutkan nama-nama akun.
Langkah-langkah yang kami tempuh dalam membuat aransemen lagu sebagai tugas pembuatan project visual adalah sebagai berikut :
1. Memilih lagu acuan yaitu “The Lazy Song” oleh Bruno Mars.
2. Mencari instrumental dari lagu “The Lazy Song” oleh Bruno Mars.
3. Mengaransemen isi dari lirik lagu “The Lazy Song” oleh Bruno Mars.
4. Merekam suara dari lirik lagu yang telah diaransemen dengan diiringi instrumental lagu tersebut.
5. Mengolah rekaman dengan menggunakan aplikasi Nuendo yang bertujuan untuk menggabungkan antara suara dari lirik lagu dengan suara instrumentalnya.
NARASI
MEDIA
Alur Cerita Komik
Di suatu sekolah SMA tampak seorang siswa dan seorang siswi yang sedang asik berbicara mengenai materi pelajaran Akuntansi. Mereka adalah Fani dan Yeti.
Fani :
“ Hai,teman.” ( menyapa pembaca )
Yeti :
“ Apa kalian sudah siap dengan pelajaran hari ini ? “ ( bertanya
kepada pembaca)
Fani :
“ Bukankah mulai hari ini kita akan belajar akuntansi yet ? “
Yeti :
“ Benar Fan, Bu Laras kemarin sudah mengumumkannya.”
Sesaat
kemudian datang seorang siswa lagi yang tampaknya memiki rasa takut
terhadap pelajaran Akuntansi, siswa tersebut bernama Okta. Namun
dengan besar hati Yeti memberikan semangat bagi Okta untuk tidak
takut lagi terhadap pelajaran Akuntansi.
Okta :
“ Hai Fani, Hai Yeti.”
Yeti :
“ Hai Okta, tumben kamu sudah datang.”
Okta :
“ Hari ini Akuntansi ya, ahh aku jadi takut.”
Yeti :
“ jangan takut Okta, Akuntansi gak sesulit yang kamu kira kok.”
Fani :
“ Iya ih santai saja bro.”
Karena
jam menunjukkan pukul 07.00 wib dan saatnya pelajaran dimulai, maka
ketiganyapun beranjak ke kelas.
Yeti :
“ Lebih baik sekarang kita masuk kelas guys.”
Di
lain sisi, di koridor ruang kelas tampak dua orang siswa yang juga
sedang berbicara tentang materi pelajaran Akuntansi hari ini. Mereka
adalah Dewi dan Nita.
Dewi :
“ Ta, udah kenal nama-nama akun belum? “
Nita :
“ Udah sih Dew, Cuma nomornya agak ribet.”
Dewi :
“ Emang agak ribet sih Ta, mending kita langsung aja tanya ke Bu
Laras, gimana ?
Nita :
“ Setuju Dew, yuk kita ke kelas.”
Dewi :
“ Ayok Ta, sebelum Bu Laras datang.”
Setelah
beberapa waktu berlalu, ketiganya beranjak untuk memasuki kelas.
Ruang
kelas XI IPS sudah mulai ramai. Siswa-siswi kelas XI IPS sudah
memenuhi kelas dan Ibu Laras pun sudah hadir di kelas. Pelajaran pun
dimulai…
B.Laras :
“ Selamat pagi anak-anak. Bagaimana, siap menerima
pelajaran ? ”
Siswa-siswi
: “ Siap buuu !!! “
B.Laras
: “ Sebagai pengenalan, menurut kalian akuntansi itu
apa ? siapa bisa menjelaskan ? “
Sofi
: “ Akuntansi itu mencatat uang bu.“
Dewi
: “ Akuntansi mencatat kegiatan perusahaan bu.”
B.Laras :
“ Bagaimana menurutmu ? Sebenarnya apa akuntansi itu ? “ Bisakah
kalian mendeskripsikannya ? “ (bertanya kepada pembaca)
Okta :
“ Akuntansi merupakan suatu sistem yang digunakan perusahaan untuk
mencatat semua kegiatan akuntansinya. Sebelum jauh memahami soal
Akuntansi, hal pertama yang harus kita pahami adalah nama akun.”
(Okta membaca apa yang ditulis B.Laras di papan tulis untuk pembaca)
Sepulang
sekolah, nita dan sofi pulang bersama-sama. Di tengah perjalanan
pulang mereka berdiskusi tentang apa yang telah dipelajari hari ini
di kelas.
Nita :
“ Sofi, apa saja nama akun yang kamu ketahui ? “
Sofi
: “ Nama akun sangat banyak Ta, kamu mau aku sebutkan yang
mana ? “
B.Laras :
“ Memang benar, akun dibedakan menjadi dua. Akun Riil dan akun
Nominal. Akun Riil merupakan jenis akun yang tercatat di neraca,
seperti harta, utang dan modal. Akun nominal merupakan akun yang
tercatat di laporan laba / rugi, seperti pendapatan dan beban. “ (
menjelaskan kepada pembaca )
Saat
malam tiba, aktivitas siswa-siswi kembali ke rutinitas sehari-hari.
Tampak Sofi sedang berada di depan apartemennya, Okta dan Fani sedang
berada di dalam kereta kota untuk menuju ke kota sebelah sedangkan
Nita sedang berada di supermarket kota untuk berbelanja keperluan
sehari-harinya.
Di
depan apartemen milik sofi…
Sofi :
“ Setelah bisa membedakan jenisnya, sekarang kita bisa menyebutkan
serta mengelompokkan nama-nama akun bahkan beserta nomornya. “
(menjelaskan kepada pembaca)
Di
dalam kereta kota…
Okta :
“ Fan, kalau kendaraan termasuk apa ? “
Fani :
“ Karena kendaraan punya masa guna yang panjang kendaraan
digolongkan ke dalam aset tetap Okta. “
Okta :
“ O, jadi aset tetap itu memiliki masa umur guna yang panjang. “
Fani
: “ Yap, minimal 1 tahun. “
Di
dalam supermarket kota…
Nita :
“ Sedangkan, yang berada dibelakangku termasuk perlengkapan. Kenapa
perlengkapan, karena kegunaan mereka habis sekali pakai. “
(menjelaskan kepada pembaca)
Di
suatu sore, Yeti dan Sofi tampak sedang makan bersama di suatu
restaurant.
Sofi :
“ Yeti, ayo sekarang kita tebak-tebakan .”
Yeti :
“ Ayo ayo sof. Soal nama-nama akun kan ? “
Sofi :
“ Kalau beli peralatan secara tunai, jurnalnya bagaimana ? “
Yeti :
“ Ahh aku tau, peralatan pada kas. Benar kaan ? “
Sofi :
“ Wah, yeti udah cepet tanggap ya. Sekarang gantian kamu kasih soal
ke aku. “
Setelah
selesai makan, Sofi dan Yeti berjalan keluar restoran dan tanpa
disengaja ternyata Dewi sedang berada di tempat yang sama.
Yeti :
“ Hm.. Kalau jurnal ketika membayar hutang ? “
Sofi :
“ Ahh, kalau itu pasti hutang pada kas.Siip! “
Dewi :
“ Kita sudah sedikit belajar tentang nama akun dan jurnal, kalian
siap meneruskan ? “ (bertanya kepada pembaca)
Pembaca :
“ Siaaappp!”
Keesokan
harinya, seperti biasa siswa-siswi SMA kelas XI kembali bersekolah
seperti biasa. Tampak Nita, Fani, Dewi, Okta, Yeti dan Sofi sedang
berdiri di depan kelas untuk memberikan semangat belajar akun kepada
pembaca.
Nita,
Fani, Dewi, Okta, Yeti dan Sofi : Tetap semangat yaa!! Karena setelah
ini kita akan belajar Akuntansi lebih dalam.
Saat
jam istirahat, di tepi lapangan sekolah tampak Fani sedang menemui Bu
Laras untuk menanyakan tentang materi akuntansi yang belum
dipahaminya.
Fani :
“ Bu, kalau perlengkapan diakhir periode masih tersisa bagaimana
mencatatnya ? “
B.
Laras : “ Oh kalau itu kita sudah membahas jurnal penyesuaian
Fan.
“
Fani :
“ Oh jadi setelah kita belajar jurnal umum kita belajar jurnal
penyesuaian Bu ? “
B.
Laras : “ Benar sekali. “
Keesokan
harinya, rutinitas kelas XI IPS kembali seperti biasa. Proses belajar
mengajar pun dimulai kembali.
B.
Laras : “ Karena sekarang kalian sudah mengenal Akuntansi, untuk
besok materi yang akan kita bahas adalah jurnal penyesuaian. Jangan
lupa tetap belajar dan memahami ya anak-anak. “
TAMAT
Di
rumah B.Laras , tampak Yeti, Sofi, Nita, Fani, Okta dan Dewi sedang
berkunjung disana.
B.
Laras : “ Terima kasih untuk semua perhatian dan dukungan sehingga
media belajar Akuntansi ini bisa selesai dengan baik. “ (
memberikan salam kepada pembaca )
Dewi
: “ Semoga bermanfaat yahh. “ ( memberikan salam kepada pembaca
)
- VISUAL
- Lirik lagu “ The Lazy Song” yang telah diaransemen :
“ The
Diligent Song”
Today
I don’t feel like doing anything
But
I want to learn Accounting
Expecially
about account
So
leave a notes at my phone
Though
today I swear I’m not doing anything
Equipment,
land,building
Are
included fixed assets
Cash
and supplies are included current assets
That’s
the name of assets component
Account
payable is included short-term liability
Bond
payable is included long-term liability
That’s
the name of liability component
Yes,
I do it
I
do it
I
do it, then I can
Today
I don’t feel like doing anything
But
I want to learn Accounting
Expecially
about account
So
leave a notes at my phone
Though
today I swear I’m not doing anything
Nothing
at all
Capital
ordinary, prive, dividend
Are
included equity component
Service
revenue and rent revenue
Are
included income component
Salary
expense, insurance expense
Are
included expense component
That’s
the name of accounts component
Yes,
I do it
I
do it
I
do it, then I can
Today
I don’t feel like doing anything
But
I want to learn Accounting
Expecially
about account
So
leave a notes at my phone
Though
today I swear I’m not doing anything
Tidak ada komentar:
Posting Komentar