Sabtu, 03 Mei 2014

Project 4 - Laporan PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET EVALUASI PEMBELAJARAN “WONDERSHARE QUIZ CREATOR"



JUDUL
TUGAS PROJECT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET – EVALUASI PEMBELAJARAN
WONDER SHARE QUIZ CREATOR
JUDUL WONDER SHARE :  
“ SOAL - SOAL PEBFIKHTISARAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG “
 Leader  :  Octa Dwi Christiawan

LATAR BELAKANG
            Penggunaan Teknologi di era globalisasi ini sudah tidak dapat dibatasi lagi. Semua aktivitas manusia seakan tak pernah lepas dari teknologi. Tidak terkecuali aktivitas belajar-mengajar di kelas. Di dalam aktivitas belajar-mengajar dapat dikatakan seorang pendidik yang memiliki tanggung jawab paling besar untuk membiasakan peserta didik dengan teknologi yang ada. Hal ini dapat diaktualisasikan dalam berbagai hal, seperti memberikan bahan materi ajar yang bersumber dari internet, memberikan penjelasan berbasis IT seperti penggunaan power point dan lain sebagainya, serta memberikan evaluasi pembelajaran berbasis internet.
            Dari begitu banyak yang dapat dilakukan pendidik untuk memberikan sentuhan teknologi pada aktivitas pembelajaran, pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis internet akan dijadikan project utama dalam project kali ini. Aplikasi-aplikasi pembuat evaluasi pembelajaran berbasis internet tersedia begitu banyak, yang menjadi fokus adalah tingkat kreatifitas pendidik untuk menentukan aplikasi apa yang akan digunakan. Mengingat aplikasi inilah yang nantinya diharapkan dapat mencapai tujuan yang diharapkan dalam pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis internet.
            Aplikasi pembuat evaluasi pembelajaran berbasis internet yang digunakan di dalam project kami adalah wondershare quiz creator, hal ini didasarkan pada jumlah jenis soal yang dapat dikatakan paling beragam apabila dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Dengan adanya project kali ini, besar harapan kami bahwa pembuatan project ini dapat membantu kelangsungan proses belajar-mengajar SMA Akuntansi kelas XII.


            .
SASARAN
PROJECT  WONDERSHARE QUIZ CREATOR “ SOAL-SOAL PENGIKHTISARAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG “
-          Di tujukan untuk siswa-siswi SMA Kelas XII SMA Akuntansi / Kelas XI SMK Akuntansi
-          Diharapkan dengan adanya project pembuatan media pembelajaran berbasis internet ini dapat mempermudah proses belajar-mengajar di kelas
-          Diharapkan dengan adanya evaluasi pembelajaran berbasis internet menggunakan aplikasi wondershare, dapat memberikan suasana baru dalam hal pengevaluasian materi pembelajaran sehingga nantinya akan menambah motivasi belajar peserta didik
-          Diharapkan project pembuatan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi wondershare ini dapat mempermudah pendidik dalam melaksanakan penilaian terhadap pemahaman peserta didik
-          Diharapkan dengan adanya evaluasi pembelajaran melalui aplikasi wondershare, akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pengikhtisaran dan pelaporan keuangan perusahaan dagang.

SOFTWARE DAN HARDWARE
-          SOFTWARE
·         SOAL-SOAL PENGIKHTISARAN & PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG     :
Wonder Share Quiz Creator   
                            
-          HARDWARE
·         SOAL-SOAL PENGIKHTISARAN & PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG     :
PC + Koneksi Internet

 BIAYA
-          PEMBUATAN KEDUA WEBQUEST
·         Map                                  :  Rp   2.500.00
·         Print Out Laporan            :  Rp 11.000,00
TOTAL BIAYA                                :  Rp 23.500,00





DESKRIPSI
-          WONDER SHARE QUIZ CREATOR
“ Soal – soal Pengikhtisaran & Pelaporan Keuangan Perusahaan Dagang “
 Deskripsi  :
      Evaluasi Pembelajaran berbasis internet  yang  berupa soal-soal  materi pengikhtisaran & pelaporan keuangan perusahaan dagang dibuat dengan menggunakan aplikasi Wonder Share Quiz Creator. Di dalam aplikasi ini terdapat 9 jenis soal yang dapat dibuat, yakni :
1.      True-False
2.      Multiple Choise
3.      Multiple Response
4.      Fill in The Blank
5.      Matching
6.      Sequence
7.      Word Bank
8.      Click Map
9.      Short Essay

Jumlah total soal yang kami buat adalah sebanyak 100 soal yang mencakup 9 jenis soal yang telah tersebut diatas. Jumlah point total apabila peserta didik dapat menjawab keseluruhan soal dengan benar adalah sebanyak 200 point nilai.  Jumlah waktu yang disediakan untuk menjawab keseluruhan soal adalah sebanyak 2 jam 30 menit.
Desain tampilan setiap soal kami pilih desain yang dapat menghilangkan kejenuhan peserta didik, namun tetap tidak melupakan esensi dari soal itu sendiri.








Langkah – Langkah pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis internet menggunakan aplikasi Wonder Share Quiz Creator  :
1.      Langkah pertama adalah dengan mengaktifkan serta membuka aplikasi Womder Share Quiz Creator. Kemudian pilih “Create a New Quiz”
2.       Kemudian pilih jenis soal yang akan anda buat. Untuk membuat jenis soal True False, pilih “True-False”





3.       Buat content soal True False dengan cara memasukkan soal pada kolom “Enter The Question”. Kemudian tentukan jawaban yang benar apakah “True” atau “False pada kolom yang tersedia.
4.       Kemudian pilih ikon “Multiple Choise” untuk mulai membuat jenis soal multiple choise.






5.       Buat soal multiple choise dengan cara mengimput soal pada kolom “Enter the Question”. Kemudian input opsi jawaban pada kolom “ Enter The Question”. Tentukan kunci jawaban yang benar dengan cara klik tanda ( o ) di sisi sebelah kiri opsi jawaban.
6.       Klik ikon “Multiple Response” untuk membuat soal jenis “Multiple Response”.






7.       Isilah soal pada kolom “Enter The Question”. Kemudian input opsi jawaban pada kolom “Enter the Answer”. Buat kunci untuk  jawaban-jawaban yang benar dengan cara klik tanda ( o ) di sisi sebelah kiri opsi jawaban.
8.       Pilih ikon “Fill in The Blank” untuk membuat soal jenis Fill in The Blank







9.       Isi content soal pada kolom “ Enter the Question”. Kemudian input opsi jawaban pada kolom “ Enter the Answer”
10.   Pilih ikon “Matching” untuk membuat soal jenis matching atau menjodohkan.







11.   Isi content soal matching ( tema soal ) pada kolom “Enter the Question”. Kemudian input soal spesifik pada kolom “Choise” dan opsi jawaban pada kolom “Match”.
12.   Pilih ikon “ Sequence” untuk membuat soal jenis pengurutan tahap atau prosedur.






13.   Input soal pada kolom “Enter the Question”. Kemudian input prosedur atau jawaban dengan urutan yang telah diacak pada kolom “ Enter the Items”.
14.   Pilih ikon “ Word bank” untuk membuat soal melengkapi kalimat soal.







15.   Input soal pada kolom “Enter the question”. Input semua jawaban dari blank pada kolom “Enter the Choises”. Jangan lupa tentukan kunci yang benar dengan cara memberikan kunci pada kolom “Blank”.
16.   Pilih ikon “Click map” untuk membuat soal dengan menggunakan gambar sebagai opsi jawaban.






17.   Isi content soal dengan cara input soal pada kolom “ Enter the Question”. Kemudian masukkan gambar sebagai opsi jawaban pada kolom “Import the Map”. Kemudian tentukan area jawaban yang benar lalu klik “Import”.
18.   Klik ikon “Short Essay” untuk membuat soal uraian.







19.   Input soal pada kolom “ Enter the Question”. Kemudian input jawaban pada kolom “ Enter the reference essay”.
20.   Klik ikon “ Quiz Properties” untuk mendesain quiz yang anda buat.







21.   Berilah judul untuk quiz yang anda buat dengan cara input judul pada kolom “ Quiz title”. Kemudian input keterangan quiz dan pembukaan quiz dengan cara input pada kolom “ Introduction”.
22.   Pilih ikon “Quiz Setting” untuk membuat quiz anda dengan kriteria yang anda inginkan. Input standart KKM anda pada kolom “Passing rate”. Pilih Answer Submission dengan tampilan soal yang anda inginkan.






23.   Tentukan dan isi point untuk masing-masing soal anda dengan cara input jumlah point pada kolom “Question Properties”. Dan berikan kalimat feedback anda pada kolom yang tersedia.
24.   Klik “Publish” untuk mempublikasikan quis yang telah anda buat.







25.   Pilih “EXE” jika anda menginginkan mempublikasikan quiz anda dalam bentuk format flash.
26.   Pilih lokasi untuk menyimpan quiz anda dalam PC anda. Kemudian klik “Publish”.







NARASI
-          WONDER SHARE QUIZ CREATOR
“Soal-soal Pengikhtisaran & Pelaporan Keuangan Perusahaan Dagang”
                Judul project evaluasi pembelajaran berbasis internet – evaluasi pembelajaran yang kami buat adalah “ Soal-soal Pengikhtisaran & pelaporan Keuangan perusahaan Dagang “. Soal – soal yang kami buat sebanyak 100 butir soal yang mencangkup 9 jenis soal yang ada di dalam aplikasi ini, tersedia 2 jam 30 menit untuk pengerjaan keseluruhan soal serta terdapat 200 point apabila peserta didik mampu menjawab keseluruhan soal dengan benar. Spesifikasi tersebut adalah sebagai berikut :
1.      True False
-          Pada soal jenis True-False terdiri dari 15 butir soal . Point untuk masing-masing soal adalah 1 point nilai, sehingga jumlah total point pada soal jenis True-False adalah 15 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal true-false adalah sebanyak 15 menit dengan estimasi 1 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal true false yang dibuat berisi 2 opsi jawaban yakni pilihan untuk menjawab pernyataan tersebut benar atau salah.  

2.      Multiple Choise
-          Pada soal jenis multiple choise terdiri dari 20 butir soal. Point untuk masing-masing soal adalah 2 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis multiple choise adalah 40 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal multiple choise adalah sebanyak 20 menit dengan estimasi 1 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal multiple choise yang dibuat berisi 4 opsi jawaban yang tersedia dan harus dipilih salah satu diantaranya yang benar.

3.      Multiple Response
-          Pada soal jenis multiple response terdiri dari 15 butir soal. Point untuk masing-masing soal adalah 2 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis multiple response adalah 30 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal multiple respons adalah sebanyak 15 menit dengan estimasi 1 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal multiple response yang dibuat berisi 4 hingga 5 opsi jawaban yang tersedia dan harus dipilih 2 hingga 3 opsi jawaban diantaranya yang benar.

4.      Fill in The Blank
-          Pada soal jenis fill in the blank terdiri dari 15 butir soal. Point untuk masing-masing soal adalah 2 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis soal fill in the blank adalah 30 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal fill in the blank adalah sebanyak 15 menit dengan estimasi 1 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal fill in the blank yang dibuat berisi 1 blank jawaban kosong pada akhir kalimat pada soal. Hal ini untuk membuat jenis soal ini tidak memiliki tingkat kesulitan yang terlalu tinggi.  

5.      Matching
-          Pada soal jenis matching terdiri dari 10 butir soal. Setiap soal memiliki 2 kalimat yang harus dipasangkan peserta didik dengan benar. Point untuk masing-masing soal adalah 2 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis matching adalah 20 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal matching adalah sebanyak 20 menit dengan estimasi 2 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal matching yang dibuat berisi 2 pernyataan yang harus dipasangkan kepada 2 opsi yang tersedia dengan benar.

6.      Sequence
-          Pada soal jenis sequence terdiri dari 5 butir soal. Point untuk masing-masing soal adalah 3 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis sequence adalah 15 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal sequence adalah sebanyak 15 menit dengan estimasi 2,5 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal sequence yang dibuat terdiri dari soal prosedur tertentu yang mengharuskan peserta didik untuk mengetahui prosedur tersebut secara rinci dan sistematis. Tersedia 4 opsi jawaban yang harus diurutkan oleh peserta didik dengan benar sesuai dengan soal yang ditanyakan.

7.      Word Bank
-          Pada soal jenis word bank terdiri dari 10 butir soal. Point untuk masing-masing soal adalah 3 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis word bank adalah 30 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal word bank adalah sebanyak 20 menit dengan estimasi 2 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal word bank yang dibuat berisi satu paragraf soal. Yang mana di dalam paragraf tersebut telah dihilangkan 4 kata-kata soal yang harus diisi dari 4 opsi jawaban yang telah tersedia.

8.      Click Map
-          Pada soal jenis click map terdiri dari 5 butir soal. Point untuk masing-masing soal adalah 4 point nilai, sehingga jumlah total point pada jenis click map adalah 20 point nilai.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal click map adalah sebanyak 10 menit dengan estimasi 2 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal click map yang dibuat terdiri dari soal cerita yang kemudian diarahkan kepada pertanyaan spesifik. Disini peserta didik diharuskan menjawab soal dengan benar dengan cara mengarahkan dan mengklik kursor kepada gambar yang mencerminkan jawaban dari soal yang ada.

9.      Short Essay
-          Pada soal jenis short essay terdiri dari 5 butir soal. Tidak ada point untuk jenis soal short essay karena soal ini dibuat hanya untuk menilai pemahaman peserta didik mengenai materi yang bersangkutan.
-          Waktu yang disediakan untuk mengerjakan keseluruhan jenis soal short essay adalah sebanyak 20 menit dengan estimasi 4 menit untuk pengerjaan setiap soal.
-          Soal short essay yang dibuat mengahruskan peserta didik menjawab dan menjelaskan soal essay sebagai bentuk pemahamannya terhadap materi yang ada.  

ü  Di dalam soal-soal yang telah tersaji, untuk setiap peserta didik benar dalam menjawab soal maka akan muncul “ Selamat, anda berhasil. Next!!! “ . Hal ini diberikan untuk memberikan apresiasi kepada peserta didik sekaligus untuk membuat peserta didik untuk tertantang kembali dalam mengerjakan soal-soal berikutnya.
ü  Di dalam soal-soal yang telah tersaji, untuk setiap peserta didik salah dalam menjawab soal maka akan muncul “ Maaf, anda belum beruntung. Coba Lagi yaa L “ . Hal ini diberikan untuk tetap menyemangati peserta didik untuk tidak putus asa dalam menjawab soal-soal yang ada.
ü  Total point yang diberikan adalah 200 point. Sehingga untuk mempermudah pendidik dalam mengetahui kemampuan peserta didik. Maka rumus yang dipakai nantinya untuk menghitung nilai akhir peserta didik untuk memahami materi yang dievaluasi adalah sebagai berikut :

 = nilai akhir peserta didik.
ü  Jumlah total waktu yang diberikan kepada peserta didik dalam menjawab semua soal adalah sebanyak 2 jam 30 menit. Hal ini diestimasikan dengan anggapan bahwa dengan waktu tersebut dapat mencukupi kebutuhan waktu pengerjaan bagi peserta didik , mengingat evaluasi berbasis internet ini dapat dibawa pulang sebagai tugas take home.




PENUTUP
Perkembangan teknologi selain menjadi suatu bentuk kemudahan jaman, juga merupakan tanggung jawab bersama bagi seluruh lapisan masyarakat. Tidak terkecuali masyarakat dalam lingkungan kependidikan, merupakan tugas besar bagi seorang pendidik untuk memberikan contoh yang baik bagi peserta didik untuk turut serta dalam usaha perkembangan teknologi.
Pembuatan project media pembelajaran berbasis internet dalam pembuatan evaluasi pembelajaran ini dibuat dengan tujuan memberikan suasana baru bagi peserta didik sekaligus pendidik dalam mengevaluasi materi pembelajaran akuntansi mengenai pengikhtisaran dan pelaporan keuangan perusahaan dagang.
Dalam pembuatan project ini, masih terdapat banyak kesalahan dan ketidak sempurnaan, sehingga besar harapan kami untuk menerima kritik dan saran berkenaan dengan project kami. Akhir kata, Semoga project kami dapat bermanfaat bagi kelompok kami khususnya dan bagi seluruh pendidik SMA maupun SMK Akuntansi pada umumnya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar